Pink Sketch Heart

Rabu, 06 Februari 2013

Pengetahuan Kanker Serviks


Gejala awal umum kanker serviks (kanker leher rahim) adalah pendarahan vagina abnormal. Kebanyakan kasus berkembang pada wanita di usia 30-an atau 40-an. Jika kanker serviks didiagnosa pada tahap awal, ada kesempatan baik untuk sembuh. Regular tes skrining serviks dapat mendeteksi pra-kanker yang dapat diobati sebelum kanker berkembang.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Leher Rahim?
Leher rahim adalah bagian bawah rahim (uterus) yang meluas sedikit ke bagian atas vagina. Serviks sering disebut leher rahim.
Sebuah lorong sempit yang disebut kanalis servikalis (endoserviks atau kanal) pergi dari vagina ke bagian dalam rahim. Hal ini biasanya tetap tertutup rapat, namun memungkinkan darah mengalir keluar dari rahim selama periode, dan sperma melakukan perjalanan didalam pada saat berhubungan seks. Ini membuka sangat lebar selama persalinan ketika Anda memiliki bayi. Permukaan serviks ditutupi dengan kulit seperti sel. Ada juga beberapa kelenjar kecil pada lapisan saluran leher rahim yang membuat lendir.

Apa Itu Kanker?
Kanker adalah penyakit dari sel-sel dalam tubuh. Tubuh terdiri dari jutaan sel kecil. Ada berbagai jenis sel dalam tubuh, dan ada berbagai jenis kanker yang timbul dari berbagai jenis sel. Apa semua jenis kanker memiliki kesamaan adalah bahwa sel-sel kanker tidak normal dan berkembang biak tak terkendali. Sebuah tumor ganas adalah benjolan atau pertumbuhan jaringan terdiri dari sel-sel kanker yang terus berkembang biak. Tumor-tumor ganas menyerang ke jaringan di dekatnya dan organ, yang dapat menyebabkan kerusakan. Tumor-tumor ganas juga bisa menyebar ke bagian lain dari tubuh. Ini terjadi jika beberapa sel putus dari tumor (primer) pertama dan dicatat di saluran aliran darah atau getah bening ke bagian lain dari tubuh. Kelompok-kelompok kecil sel kemudian dapat berkembang biak untuk membentuk tumor sekunder (metastasis) dalam satu atau lebih bagian tubuh. Tumor sekunder kemudian dapat tumbuh, menyerang dan merusak jaringan di sekitarnya, dan menyebar lagi.
Beberapa kanker lebih serius daripada yang lain. Ada yang lebih mudah diobati daripada yang lain (terutama jika didiagnosis pada tahap awal). Beberapa memiliki pandangan yang lebih baik (prognosis) dari yang lain. Jadi, kanker bukan hanya satu syarat. Dalam setiap kasus penting untuk tahu persis apa jenis kanker telah berkembang, seberapa besar itu telah menjadi, dan apakah telah menyebar. Ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi yang dapat dipercaya tentang pilihan pengobatan dan pandangan.

Apa Itu Kanker Serviks?
Ada dua jenis utama kanker serviks:
1. Sel kanker serviks skuamosa adalah yang paling umum. Ini berkembang dari sebuah sel kulit seperti (sel skuamosa) yang menutupi leher rahim yang menjadi kanker.
2. Adenokarsinoma kanker serviks kurang umum. Ini berkembang dari sebuah sel kelenjar (sel yang membuat lendir) di dalam saluran leher rahim yang menjadi kanker.

Apa Yang Menyebabkan Kanker Serviks?
Sebuah tumor kanker dimulai dari satu sel. Diperkirakan bahwa sesuatu kerusakan atau mengubah gen tertentu dalam sel. Hal ini membuat sel yang sangat abnormal dan jumlahnya tidak terkendali. Dalam kasus kanker serviks, kanker berkembang dari sel yang sudah tidak normal. Dalam kebanyakan kasus, sel-sel abnormal yang hadir selama bertahun-tahun sebelum salah satu sel yang abnormal menjadi kanker dan mulai berkembang biak tak terkendali menjadi tumor kanker. Pra-kanker awal kelainan sel leher rahim biasanya disebabkan oleh infeksi sebelumnya dengan human papillomavirus (HPV).

Siapa Yang Dapat Menderita Kanker Serviks?
Kebanyakan kasus berkembang pada wanita berusia 30-an atau 40-an. Beberapa kasus berkembang pada wanita yang lebih tua dan lebih muda. Hal ini jarang terjadi pada wanita berusia di bawah 25 tahun. Kanker serviks merupakan jenis yang paling umum kedua belas dari kanker pada wanita di Inggris. Sekitar 950 wanita di Inggris meninggal karena kanker ini setiap tahun. Namun, jumlah kasus didiagnosis setiap tahun telah jatuh beberapa tahun terakhir. Hal ini karena kanker serviks dapat dicegah dengan rutin tes skrining serviks.

Apa Itu Tes Skrining Serviks?
Wanita di Inggris yang ditawarkan tes reguler skrining serviks. Selama pengujian berlangsung beberapa sel yang diambil dari permukaan serviks. Sel-sel ini dikirim ke laboratorium untuk dilihat di bawah mikroskop. Dalam tes yang paling sel-sel terlihat normal. Abnormal (dyskaryotic) sel terlihat pada beberapa kasus.
Dyskaryosis Serviks berarti bahwa beberapa sel leher rahim tidak normal, tetapi tidak bersifat kanker. Serviks dyskaryosis digolongkan sebagai:
1. Dyskaryosis ringan.
2. Dyskaryosis sedang(atau CIN 2).
3. Dyskaryosis parah(atau CIN 3). 
Dalam banyak kasus (dyskaryotic) yang abnormal sel tidak berkembang menjadi kanker. Dalam beberapa kasus, mereka kembali ke normal. Namun, dalam beberapa kasus, sering tahun kemudian, sel-sel abnormal berubah menjadi kanker.Jika Anda memiliki perubahan yang kecil, Anda dapat ditawarkan tes lain setelah beberapa bulan. Dalam banyak kasus, sel-sel yang abnormal sedikit memulihkan kembali normal dalam waktu beberapa bulan. Pengobatan dapat ditawarkan jika kelainan terus berlanjut. Untuk wanita dengan perubahan abnormal sedang atau berat, pengobatan dapat menghapus serviks dari sel abnormal sebelum berkembang menjadi kanker.

0 komentar:

Posting Komentar