Pink Sketch Heart

Rabu, 06 Februari 2013

Tips Jitu Memandikan Bayi Baik Dan Benar

 
  1. Memandikan bayi baru lahir tidak harus dilakukan di bak mandi, mengingat leher bayi belum kuat. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan permukaan datar seperti tempat tidur yang diberi alas perlak dan handuk.
  2. Jika sudah siap menggunakan bak mandi, gunakan penyangga tubuh bayi agar tidak mudah tergelincir.
  3. Usahakan ruangan hangat dan tanpa menyalakan penyejuk udara/kipas agar bayi tidak kedinginan saat dimandikan.
  4. Siapkan semua perlengkapan bayi, seperti: handuk, waslap lembut, sabun, sampo, minyak telon, baju ganti/popok, bedak, dan sebagainya. 
  5. Siapkan air hangat dalam wadah, lalu letakkan wadah air tersebut pada posisi yang tepat dan aman untuk bayi. 
  6. Sebelum mulai memandikan bayi, pastikan bayi Anda sudah dalam kondisi kenyang dan tidak mengantuk. Ini dilakukan dengan tujuan supaya bayi Anda tidak rewel atau menangis ketika dimandikan. 
  7. Jika semua sudah lengkap, lepaskan seluruh pakaian bayi untuk mulai memandikannya. 
  8. Dengan menggunakan waslap, mulailah membersihkan tubuh bayi dari atas, mulai dari mata, hidung, telinga, wajah, kepala, hingga ke seluruh tubuh bagian bawah. 
  9. Agar lebih mudah, saat membersihkan bagian wajah, Anda bisa melakukannya terlebih dahulu di atas permukaan datar, setelah itu baru diletakkan di bak mandi untuk membersihkan bagian tubuh yang lain. 
  10. Jika rambut bayi ingin dikeramas atau dicuci, letakkan kepala dan bahu bayi pada lengan sambil memegang lengan bayi di bawah ketiaknya. Lakukan dengan hati-hati agar air sampo tidak masuk ke mata.
  11. Bilas air sabun yang masih menempel pada seluruh tubuh sampai bersih. 
  12. Angkat bayi dari bak mandi, lalu segera keringkan dengan handuk. 
  13. Setelah itu, Anda bisa memberi minyak telon, bedak, lalu pakaikan pakaian ganti sesegera mungkin agar bayi tidak kediginan dan tetap merasa nyaman.

1 komentar: