CORPORATE SOSIAL
RESPONSIBILITY
PT. PERTAMINA (PERSERO)
PT. PERTAMINA (PERSERO)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR
BELAKANG
Korporasi
sebagai sebuah institusi ekonomi tidak bisa lepas dari kepentingan untuk
mendapatkan keuntungan finansial. Akan tetapi, kepentingan korporasi untuk
mendapatkan keuntungan bukan satu-satunya fokus utama dari korporasi karena
saat ini korporasi dituntut memberikan kontribusi dalam meningkatkan
kesejahteraan masyarakat. Hal ini sesuai dengan undang-undang nomor 40 tahun
2007 tentang perseroan terbatas. Salah satu isinya adalah bahwa perseroan
memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan. Artinya bahwa suatu
perseroan memiliki suatu kewajiban untuk memasukkan faktor sosial dan
lingkungan menjad i prioritas lain bagi perseroan selain faktor
ekonomi (keuntungan). Hal ini dapat direalisasikan dengan menjalankan tanggung
jawab sosial korporasi (CSR).
CSR korporasi
tidak hanya ditujukan bagi masyarakat yang secara jelas bersentuhan dengan
kegiatan yang dilakukan oleh korporasi, tetapi juga kepada karyawan korporasi
yang menjadi bagian dari kegiatan korporasi, lingkungan fisik di sekitar
korporasi atau tempat kegiatan produksi dilakukan, pemerintah, pers, dan
lain-lain.
Berdasarkan
penjelasan di atas, maka makalah ini disusun untuk mengetahui program-program
apa saja yang dilaksanakan oleh CSR Pertamina. Selain itu untuk melihat
implementasi CSR terhadap karyawan Pertamina maupun masyarakat luas.
1.2.
RUMUSAN MASALAH
1.
Program-program CSR apa yang dijalankan oleh
Pertamina?
2.
Bagaimana implementasi program CSR terhadap
karyawan maupun masyarakat luas?
1.3.
TUJUAN DAN MANFAAT
Berdasarkan
penjelasan di atas, maka tujuan makalah ini disusun adalah sebagai berikut :
1.
Untuk mengetahui program-program apa saja yang
dilaksanakan oleh CSR Pertamina.
2.
Untuk melihat implementasi CSR terhadap karyawan
Pertamina maupun masyarakat luas.
Dan manfaat yang
diharapkan dari makalah ini adalah::
1.
Meningkatkan
pengetahuan, Pemahaman dan wawasan terhadap konsep Corporate Social
Responsibility
2.
Sebagai
referensi bagi pembaca selanjutnya, Terutama yang berhubugan dengan CSR (Corporate
Social Responsibility)
1.4.
METODOLOGI
Makalah ini
menggunakan pendekatan kualitatif dalam mengumpulkan informasi. Informasi
tersebut terditi dari data sekunder melalui internet atau buku materi terkait Community
Development. Data yang terkumpul dianalisa sesuai dengan konsep community
development.
semoga bermanfaat buat temen-temen semuanya :D