Pink Sketch Heart

Sabtu, 12 Januari 2013

Makalah CSR Korporasi


CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY
PT. PERTAMINA (PERSERO)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       LATAR BELAKANG
Korporasi sebagai sebuah institusi ekonomi tidak bisa lepas dari kepentingan untuk mendapatkan keuntungan finansial. Akan tetapi, kepentingan korporasi untuk mendapatkan keuntungan bukan satu-satunya fokus utama dari korporasi karena saat ini korporasi dituntut memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sesuai dengan undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Salah satu isinya adalah bahwa perseroan memiliki tanggung  jawab sosial dan lingkungan. Artinya bahwa suatu perseroan memiliki suatu kewajiban untuk memasukkan faktor sosial dan lingkungan menjad  i  prioritas lain bagi perseroan selain faktor ekonomi (keuntungan). Hal ini dapat direalisasikan dengan menjalankan tanggung jawab sosial korporasi (CSR).
CSR korporasi tidak hanya ditujukan bagi masyarakat yang secara jelas bersentuhan dengan kegiatan yang dilakukan oleh korporasi, tetapi juga kepada karyawan korporasi yang menjadi bagian dari kegiatan korporasi, lingkungan fisik di sekitar korporasi atau tempat kegiatan produksi dilakukan, pemerintah, pers, dan lain-lain.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka makalah ini disusun untuk mengetahui program-program apa saja yang dilaksanakan oleh CSR Pertamina. Selain itu untuk melihat implementasi CSR terhadap karyawan Pertamina maupun masyarakat luas.

1.2.       RUMUSAN MASALAH
1.        Program-program CSR apa yang dijalankan oleh Pertamina?
2.        Bagaimana implementasi program CSR terhadap karyawan maupun masyarakat luas?

1.3.       TUJUAN DAN MANFAAT
Berdasarkan penjelasan di atas, maka tujuan makalah ini disusun adalah sebagai berikut :
1.        Untuk mengetahui program-program apa saja yang dilaksanakan oleh CSR Pertamina.
2.        Untuk melihat implementasi CSR terhadap karyawan Pertamina maupun masyarakat luas.
Dan manfaat yang diharapkan dari makalah ini adalah::
1.         Meningkatkan pengetahuan, Pemahaman dan wawasan terhadap konsep Corporate Social Responsibility
2.         Sebagai referensi bagi pembaca selanjutnya, Terutama yang berhubugan dengan CSR (Corporate Social Responsibility)

1.4.       METODOLOGI
Makalah ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam mengumpulkan informasi. Informasi tersebut terditi dari data sekunder melalui internet atau buku materi terkait Community Development. Data yang terkumpul dianalisa sesuai dengan konsep community development.

untuk download makalah disini 
semoga bermanfaat buat temen-temen semuanya :D