Pink Sketch Heart

Jumat, 04 Januari 2013

Tips Jitu Anak Gemar Membaca

Membacakan Dongeng
Dongeng merupakan cara terbaik menstimulasi anak untuk belajar membaca. Dongeng juga merupakan sarana terbaik bagi anak untuk belajar mendengar, menambah perbendarahaan kata, dan mengembangkan imajinasi mereka.Anda dapat memilih buku-buku dongeng yang bermutu dan pantas buat dikonsumsi anak-anak. Pilihlah cerita yang menarik dan memiliki gambar penuh warna sehingga anak-anak pun akan penasaran dengan gambaran peristiwa dalam dongeng tersebut. Gaya dan expresi Anda dalam membaca dongeng juga perlu diperhatikan, dengan begitu anak-anak pun akan tertarik untuk mendengarkan dan membaca buku.


Memasang Poster Tulisan Bergambar

Anda dapat mengajarkan anak membaca dengan membuat sebuah poster bergambar dan menempelkannya di dinding kamar tidur sang buah hati. Gambar bisa menyesuaikan dengan tokoh favorit buah hati Anda. Bila buah hati anda nge-fans dengan Spongebob. Mintalah sang buah hati untuk menggambar Spongebob, dan meminta anak mendeskripsikan gambar tersebut. Misalnya, “Spongebob sedang berenang.” Dan jangan lupa menempelkan poster tersebut di kamar tidur sang anak, supaya setiap hari mereka bisa melihat dan membacanya.

Memberikan Hadiah Sebuah Buku
Tanamkan di dalam hati anak bahwa buku adalah benda yang sangat berharga dan besar nilainya. Agar anak bisa lebih mencintai dan menghargai sebuah buku, Anda dapat menjadikan buku sebagai hadiah di hari special. Misalnya, sebagai kado ulang tahun dan jangan lupa membungkus kado tersebut dengan hiasan-hiasan yang menarik.Jika perlu, Anda dapat menganggarkan buku kedalam daftar keuangan untuk pendidikan anak agar hadiah buku menjadi kebiasaan yang baik untuk keluarga.

Menjadi Teladan Membaca
Jadilah teladan yang baik dalam membaca buku sebelum Anda mengajarkan anak membaca. Tanyakan pada diri Anda sendiri,”Sudahkah aku gemar membaca buku?” Dalam mengajar anak membaca, Anda juga tidak boleh lupa akan nutrisi perkembangan anak agar nutrisi otak dan tubuhnya tercukupi.

0 komentar:

Poskan Komentar