Pink Sketch Heart

Kamis, 27 Desember 2012

Tips Jitu Facial Wajah Praktis Di Rumah



Menyiapkan Alat Yang  Dibutuhkan
Di langkah pertama ini, anda harus menyiapkan beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan. Alat yang dibutuhkan untuk melakukan facial, sangatlah sederhana dan dapat dijumpai dengan mudah di rumah, misalnya bando kain /penutup kepala (untuk melindungi rambut mengurai ke wajah), kapas, handuk lembut atau waslap, mangkuk besar, air hangat, pembersih wajah yang terdiri dari cleansing milk, sabun wajah, toner (untuk kulit berminyak), scrub, masker dan kuas. Khusus untuk anda yang berjerawat, gantilah scrub dan cleansing milk dengan peeling scrub (sebagai exfoliant).

Membersihkan Wajah
Langkah facial di rumah berikutnya adalah membersihkan wajah dari segala kotoran, seperti debu, keringat, minyak, dan mungkin bakteri atau virus dengan cleansing milk dicampur dengan scrub. Aduk cleansing milk serta scrub secara merata, kemudian oleskan ke seluruh wajah dan leher secara merata. Gosoklah dan pijatlah dengan lembut dengan arah melingkar ke atas selama 15 menit. Bagian yang harus paling diperhatikan adalah daerah T, yaitu hidung dan dahi. Daerah T biasanya bagian yang paling sering dikunjungi komedo, dan sel kulit mati. Langkah ini memang cenderung mulai merepotkan. Anda harus menyesuaikan jenis pembersih dengan jenis kulit wajahnya. Jika kulit normal cenderung kering, penggunaan susu pembersih adalah lebih baik. Hal ini karena susu pembersih bisa menambah kelembaban kulit wajah. Apabila kulit anda cenderung berminyak, setelah menggunakan susu pembersih maka gunakanlah toner. Atau alternatifnya menggunakan peeling scrub. Langkah ini akan efektif mengangkat kotoran yang menempel dalam pori-pori (termasuk komedo), debu, keringat, minyak, kuman-kuman serta membuang sel-sel mati pada kulit wajah.

Kompres Wajah Dengan Air Hangat
Langkah facial wajah sendiri selanjutnya adalah mengompres wajah anda dengan air hangat. Caranya, siapkan wadah dan isi dengan air hangat, kemudian masukkan waslap atau handuk halus ke dalamnya. Peras sedikit airnya (agar tidak terlalu basah) dan lalu kompreskan di wajah. Dengan mengompres wajah dengan air hangat, akan membuat pori-pori sedikit terbuka. Hal ini bagus untuk membantu proses dan keefektifan langkah selanjutnya, yaitu maskeran.

Menggunakan Masker
Setelah membersihkan sisa cleansing milk dan scrub, langkah selanjutnya adalah mengusapkan masker wajah. Usapkan masker secara merata di kulit dengan menggunakan kuas. Menggunakan masker wajah secara teratur, dapat membantu membersihkan dan menghaluskan kulit wajah yang lelah dan mudah terpapar sinar matahari. Gunakan secara teratur untuk hasil maksimal. Gunakan kuas khusus untuk mengoleskan masker ke seluruh permukaan wajah dan leher dengan rata, kecuali lingkar mata dan mulut. Diamkan selama 10-20 menit. Usahakan jangan mengernyit, tertawa atau menggerakkan otot wajah saat sedang menggunakan masker, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Membersihkan Wajah Dan Leher
Bersihkan sisa masker dengan menggunakan air hangat dan waslap. Kemudian lakukan langkah terakhir dari cara facial wajah di rumah yaitu membersihkan wajah dan leher dengan sabun.

Catatan :
Melakukan facial di saat hamil Apakah boleh melakukannya di saat hamil ? Tentu sangat boleh dan aman-aman saja, asalkan bahan-bahan yang akan digunakan sudah teruji aman secara klinis atau dengan bahan alami. Dan perlu diperhatikan juga bahwa ketika hamil biasanya sangat sensitif terhadap parfum atau wangi-wangian. Oleh karena itu pilihlah produk yang tidak mengandung pewangi yang menyengat.

0 komentar:

Posting Komentar